1 / 3
Caption Text
2 / 3
Caption Two
3 / 3
Caption Three

Bupati Bulukumba Andi Utta : Ubah Mindset Dari Dilayani Menjadi Melayani

Bapelitbangda gelar Forum Konsultas; Publik RKPD, Bupati Bulukumba Andi Utta : Ubah Minset Dilayani Menjadi Melayani
Bapelitbangda gelar Forum Konsultas; Publik RKPD, Bupati Bulukumba Andi Utta : Ubah Minset Dilayani Menjadi Melayani

Mediumindonesia.com, Bulukumba- Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Bulukumba menggelar forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2023.

Kegiatan yang digelar di aula Bapelitbangda dihadiri oleh Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf, para kepala perangkat daerah, para camat, serta berbagai stakeholder dengan tujuan lebih mempertajam program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 sehingga dalam merumuskan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan betul-betul berorientasi pada pemulihan dan peningkatan ekonomi serta bersinergi dengan program yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, Rabu 19 Januari 2022.

Kepala Bapelitbangda, A. Syamsul Mulhayat menyampaikan, tema dari RKPD kali ini adalah pengembangan daya tahan perekonomian masyarakat dengan peningkatan produktivitas sektor unggulan daerah.

Sementara beberapa isu strategis yang mendasari penyusunan RKPD 2023, diantaranya Tata Kelola Pemerintahan yang baik, bersih, melayani dan inovatif khususunya dalam peningkatan kualitas layanan pemerintah, serta peningkatan kualitas SDM yang unggul dan berdaya saing.

“Isu strategis lainnya adalah mendorong kontribusi sektor pertanian, perikanan, pariwisata, perindustrian dan perdagangan dalam membangkitkan perekonomian daerah, serta peningkatan kualitas, dan penataan infrastruktur wilayah secara merata,” terang Syamsul Mulhayat.

Bupati Muchtar Ali Yusuf yang membuka acara menyampaikan bahwa secara subtansi pelaksanaan konsultasi publik ini merupakan tahun kedua dari rencana pencapaian Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba sesuai dengan apa yang telah dituangkan dalam RPJMD.

Dikatakan, menjadi harapan bersama agar pelaksanaan pembangunan di Bulukumba dilaksanakan dengan penuh amanah, sehingga manfaat dari seluruh program yang dilaksanakan dapat dirasakan oleh masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung.

“Saya mengharapkan kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini mampu menjadi wadah dalam menyatukan seluruh pemikiran positif kita demi kemajuan dan kesejahteraan daerah Bulukumba tercinta,” bebernya.

Mengawali tahun anggaran 2022, Andi Utta sapaan akrabnya agar seluruh jajarannya dapat bergerak bersama dan seirama dalam bekerja, tidak boleh ada ego sektoral.

“Aparatur pemerintah juga harus mengubah mindset dari dilayani menjadi melayani,” ungkapnya.

Sementara itu, Prof Aminuddin Ilmar yang menjadi narasumber pada konsultasi publik tersebut menyampaikan bahwa RKPD Tahun 2023 disusun melalui pendekatan top down, bottom up, partisipatif, politik, teknokratik serta berorientasi secara Tematik, Holistik, Integratif dan Spasial.

Selain itu, tambahnya, implementasi money follow priority programme dan programme follow result menjadi landasan dalam penyusunan kebijakan pembangunan. Harus memperhatikan penajaman kesinambungan prioritas program/kegiatan.

“Tidak boleh secara parsial, harus ada kesinambungan sehingga suatu program bisa tuntas,”ungkapnya secara virtual melalui Zoom Meeting.


advertisement