1 / 3
Caption Text
2 / 3
Caption Two
3 / 3
Caption Three

Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf, Terima Baznas Award

Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf Terima Baznas Awar
Kabupaten Bulukumba menerima Baznas yang di terima langsung oleh Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf

Mediumindonesia.com, Bulukumba- Di awal tahun 2022 ini, Kabupaten Bulukumba menerima salah satu penghargaan dari beberapa penghargaan yang diserahkan dalam kegiatan Baznas Award. Pada kesempatan tersebut Kabupaten Bulukumba menerima Penghargaan Desa Zakat Community Development Terbaik yang diberikan kepada Desa Kahayya Kecamatan Kindang yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf, di Hotel Sultan Jakarta, Senin (17/01/22).

Dalam Baznas Award kali ini, hanya dua kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang menerima penghargaan yaitu Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Enrekang.

Wakil Bupati Andi Edy Manaf berharap tahun mendatang Kabupaten Bulukumba melalui Baznas Bulukumba harus mampu mendapatkan lebih banyak penghargaan di Baznas Award dan Kabupaten Bulukumba dapat menjadi yang terbaik di Sulawesi Selatan.

“Melalui berbagai inovasi, saya kira Baznas Bulukumba bisa lebih berkembang dan meraih berbagai penghargaan,” pintanya.

Baznas Award merupakan acara bergengsi Baznas Pusat untuk memberikan penghargaan terhadap semua pihak yang terlibat dan turut serta mensukseskan kegiatan Baznas baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah.

Acara Baznas Award menjadi rangkaian acara Hari Ulang Tahun Baznas yang ke 21 tahun. Ketua Baznas Pusat Prof. Dr. KH. Noor Ahmad, MA dalam sambutannya menyampaikan, Baznas merupakan lembaga negara non struktural yang turut berperan aktif mensejahterakan umat, dengan program penguatan kelembagaan, SDM, infrastruktur dan jaringan sampai pada tingkat daerah.

“Baznas harus mampu mengumpulkan dan menyalurkan zakat secara efektif, efesien dan tepat sasaran,” ungkapnya.

“Ke depannya diharapkan Baznas mampu menghimpun Dana Abadi Bencana dan Dana Abadi Pendidikan untuk kemaslahatan umat,” tambah Prof Noor.

Sementara itu Presiden Joko Widodo dalam sambutan melalui Zoom menaruh harapan besar agar Baznas dapat menciptakan terobosan baru untuk meningkatkan minat masyarakat untuk berzakat melalui inovasi dan digitalisasi zakat agar mempermudah masyarakat dalam berzakat.

“Baznas dapat membuka lapangan kerja baru untuk menekan angka kemiskinan dan menjadi institusi terpercaya dalam penyaluran zakat,” pintanya.

Sekedar informasi Desa Kahayya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba ditetapkan sebagai lokasi program Kampung Zakat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional RI.

Launching atau peluncuran Kampung Zakat ini dilakukan oleh Sekretaris Dirjen Bimas Islam Kemenag, Tarmizi Tohor pada tahun 2019 yang lalu.


advertisement